Tips Bermanfaat Untuk Orang Tua Yang Bepergian Dengan Satu Anak

0 Comments


Bepergian dengan hanya satu anak dapat menjadi tantangan. Semua hubungan diuji ketika berada di jalan, dan dinamika unik keluarga ‘satu-satunya anak’ – keluarga di mana anak sering harus menentukan tempat mereka di dunia yang kebanyakan orang dewasa – dapat menemukan dirinya lebih penuh ketika ketegangan muncul di kamar hotel atau ruang tunggu bandara. Berikut ini beberapa saran untuk membantu :

Membina kemandirian mereka

Anak-anak yang tumbuh tanpa saudara umumnya cukup dewasa untuk usia mereka, seringkali karena mereka menghabiskan begitu banyak waktu di rumah yang berorientasi pada orang dewasa. Manfaatkan kedewasaan relatif mereka dengan membiarkan mereka belajar membuat pilihan sendiri dan menghadapi situasi, budaya, dan orang-orang baru saat bepergian. Anda harus memutuskan apa yang sesuai mengingat usia dan lokasi mereka, tentu saja.

Bertemu dengan anak lain

Sebelum Anda pergi, lakukan riset ke tempat-tempat di mana anak-anak lokal suka berkumpul, seperti taman bermain di dekatnya, taman hiburan, kamp hari, kegiatan setelah sekolah atau festival ramah anak yang mungkin ada di saat Anda berada di sana. Selain menghilangkan potensi perasaan terisolasi mereka, membiarkan anak Anda bertemu dan bermain dengan anak-anak dari kota atau negara lain adalah pengalaman hebat yang dapat membantu mereka belajar banyak tentang budaya tujuan secara langsung dari mitra lokal mereka.

Membawa beberapa teman baru

Biarkan anak Anda satu-satunya memilih saudara kandung berdiri – tanyakan orang tua sahabat mereka apakah anak mereka dapat bergabung dengan Anda di jalan. Selain membiarkan Anda mengambil keuntungan nyata dari semua dua orang dewasa itu, tiket diskon keluarga dua anak, memiliki teman bersama akan mengurangi tekanan Anda dan pasangan Anda untuk terus terlibat dengan anak Anda – yang juga mendapat waktu berkualitas bersama teman sebaya. Membawa anggota keluarga yang lebih tua seperti sepupu, yang dapat bertindak sebagai pengasuh anak, adalah pilihan lain.

Memberi mereka ruang sendiri

Hanya anak-anak yang tumbuh dewasa yang belajar bagaimana membuat diri mereka sibuk dan akibatnya banyak yang membutuhkan waktu sendirian yang teratur. Jangan lupa untuk mengepak barang-barang yang bisa digunakan anak Anda untuk menjauh dari orang dewasa sebentar : buku atau e-reader, tablet yang diisi dengan musik dan film, kamera mereka sendiri atau jurnal perjalanan.

Bepergian sebagai ibu tunggal

Saya tidak pernah merasa berbeda atau dirugikan bepergian sebagai ibu tunggal; sebenarnya saya merasa diberdayakan dan sangat, sangat beruntung. Saya tidak perlu berkonsultasi atau tunduk kepada siapa pun kecuali, kadang-kadang, anak saya yang masih kecil dan berusia enam tahun! Emmie dan saya mengembangkan ikatan khusus di jalan, dan ketika kami memasuki alur perjalanan, kami beroperasi sebagai sebuah tim.

Kami tidak hanya berbagi setiap hari bersama, kami berbagi setiap langkah di sepanjang jalan – keputusan, petualangan, tantangan, dan banyak hal menakjubkan lainnya. Bepergian dengan Emmie menunjukkan kepada saya bahwa saya dapat mencapai jauh lebih banyak dari yang saya kira mungkin dan membangun saya menjadi orang yang percaya diri, lebih sadar diri.

Jika Anda bepergian sebagai orang tua tunggal, tantangannya mungkin sedikit lebih menakutkan dan kadang-kadang Anda mungkin menginginkan satu set tangan ekstra, tetapi ikatan yang Anda bina dengan anak-anak Anda saat Anda menjelajah, belajar dan berpetualang bersama akan menjadi beberapa termanis dan paling abadi dalam hidup Anda. – Evie Farrell, Mumpack Travel