Menyibak Keindahan Pantai Lahunduru dan Ketenangan Alam Tanjung Pamali

0 Comments


Lautnya jernih, riak ombaknya tenang menyampu lembut bibir pantai berbatu karang. Dipadukan sejuk angin semilir, makin menambah ketenangan akan keindahan pemandangan alam Tanjung Pamali di Pantai Lahunduru, siang itu.

Lahunduru sebenarnya merupakan nama permandian masyarakat Wabula Wasuemba, Kecamatan Wabula, yang terletak di ujung Selatan Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara. Bentuknya mirip gua bertembing karang yang mana di sekitarnya terdapat pantai memembentang panjang ke arah Tanjung Pamali, wilayah Kabupaten Buton Selatan (Busel).

Di pantai ini, keindahan panorama alam baharinya masih natural dan belum ramai dikunjungi. Sebab, fasilitas wisatanya memang masih minim meski memiliki nilai jual bagi turis asing maupun lokal.

Sejak beberapa tahun lalu, Pemerintah Desa Wasuemba telah menetapkan kawasan ini sebagai wilayah konservasi adat yang oleh masyarakat setempat mengenalnya dengan sebutan “Ombo”. Itulah sebabnya terumbu karang serta ekosistem di Pantai Lahunduru masih asli dan tetap terjaga.

Selain itu, Pantai Lahunduru juga menawarkan lokasi sempurna untuk membenamkan diri dalam keindahan alam di sepanjang hamparan pantai berbatu karang, perairan jernih serta angin tropis segar. Tak kalah menajubkan, di arah Selatan kita bisa menikmati pemandangan tebing Tanjung Pamali yang indah. Cocok bila menjadi tempat menenangkan diri atau mencari inspirasi.

Tak hanya di permukaan saja, pesona Pantai Lahunduru juga tersimpan di bawah lautnya. Terumbu karang yang indah, dihiasi ikan berwarna-warni serta penghuni laut lain yang beragam, dapat menjadi wahana snorkeling, diving, hingga mancing. Tapi sayang, belum mendapat sentuhan maksimal dari Pemkab Buton.

Pada umumnya di kebanyakan pantai yang tersisa dari keong hanya cangkangkanya saja. Namun pemandangan berbeda di Pantai Lahunduru, ribuan keong jalan kesana-sini bak kerajaan keong.

Pantai ini juga terkenal memiliki ombak yang tenang. Ini tembok alami dari karang yang jadi pemecah ombak di 1 km dari bibir pantai. Berenang di sini, terlebih pada sore hari, jadi kegiatan yang sangat mengasyikkan.

Untuk bisa sampai ke Pantai Lahunduru kita bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Kondisi jalannya sudah cukup baik dengan pemandangan indah di sekelilingnya. Jaraknya dengan Ibukota Kabupaten Buton, Pasarwajo, hanya sekitar 26 kilometer saja.

Keletihan perjalanan akan terbalas setelah melihat panorama alam yang eksotis dan benar-benar natural. Kita juga dapat berselfie ria dan mengabidikan setiap sudut pemandangan yang masih “perawan” itu.

Tags: , , ,