Berwisata Ke Sumbawa, Tempat Yang Memiliki Keindahan Tersembunyi

0 Comments


Sumbawa kini sudah mulai banyak diperbincangkan. Tidak sedikit destinasi yang dapat dipilih saat berlibur ke salah satu pulau di provinsi Nusa Tenggara Barat ini. Pulau Sumbawa mempunyai beberapa pulau kecil dengan pesona yang sudah mendunia. Selain Gili Bola, sebut saja ada Kenawa dan Moyo.Tempat ini menghadirkan pesona pantai khas wilayah timur Indonesia serta memiliki keeksotisan budaya tersendiri yang wajib diapresiasi.

Objek wisatanya pun sangat beragam, tersebar di berbagai wilayah kabupaten dan kota. Dengan menjelajahi spot-spot tersebut, tentu saja memberikan pengalaman travelling yang berkesan dan mengasyikkan untuk mengisi waktu liburan.

Keunggulan Lain Sumbawa Selain Tempat Wisata

Selain menyuguhkan banyak tempat wisata, keunggulan lain pulau ini ialah budaya maupun tradisinya. Salah satu budaya yang menarik adalah Karaci, sebagai seni permainan sekaligus hiburan bagi raja yang ada di Sumbawa.

Tak hanya Karaci, ada juga Barapan Kebo sebagai salah satu kebanggaan masyarakat di Sumbawa. Tradisi ini biasanya dilakukan di area sawah berlumpur dan basah, dengan tugas utama dari para joki ialah mengambil saka (tongkat kayu).

Setelah menikmati wisata dan mengenal tradisi Sumbawa, kamu juga bisa membawa beberapa oleh-oleh khas untuk dibawa pulang. Sebut saja ada susu kuda liar, kua babinka, madu sumbawa, manjareal, dodol rumput laut, terasi udang labuhan botong dan masih banyak yang lainnya. Nah jika kamu main ke Sumbawa, Jangan lupa mampir ke 5 spot wisata ini ya.

Pulau Kenawa

Wisatawan yang berkunjung ke pulau ini, tentu saja akan merasakan sensasi yang berbeda seakan-akan berada di pulau pribadi. Sebab tempat ini menghadirkan suasana sepi seolah tidak berpenghuni. Kendati demikian, lokasi ini sudah menjadi favorit tersendiri bagi pelancong lokal.

Pulau yang dijuluki sebagai The Hidden Paradise ini memiliki pesona langit dan laut yang luar biasa indahnya. Akses ke Kenawa pun cukup mudah, kamu bisa mencari bus tujuan Sumbawa ke tempat ini.

Pulau Kenawa menghadirkan bukit kecil, hamparan sabana dan spot menarik lainnya yang siap memanjakan mata. Hebatnya, pantai di sini juga dipenuhi oleh gazebo sebagai tempat berteduh. Selain itu, di sini juga terdapat warung-warung yang menjajakan makanan khas.

Terletak di Poto Tano, lebih tepatnya ada di Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Selain menyuguhkan keindahan alam bawah laut, kamu juga bisa menikmati padang rumput savana di tempat ini.

Bagi kamu yang tertarik pergi ke pulau ini, tarif tiket masuk wisata ini sekitar Rp.50.000,- saat weekday maupun weekend. Pulau ini bahkan buka hingga 24 jam penuh. So, tidak ada salahnya jika kamu mulai merencanakan travelling ke tempat ini.

Air Terjun Mata Jitu

Air Terjun Mata Jitu di Sumbawa juga termasuk salah satu spot tercantik yang dijuluki sebagai Queen Waterfall. Objek wisata ini terkenal akan keindahannya yang tidak tertandingi. Di sini, kamu akan menjumpai aliran berundah-undak dengan beberapa kolam yang masih alami.

Arti kata Mata Jitu sendiri berarti sumber mata air yang langsung jatuh ke kolam di bawah alirannya. Penamaan tersebut diadaptasi karena tempat ini memiliki 7 kolam dengan undakan di bawah waterfall-nya. Menarik bukan?

Lokasi air terjun ini terletak di Dusun Oiromu, tepatnya di Labuhan Aji, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Wisata ini berada di Pulau Moyo, terletak di dalam hutan dan berdekatan dengan Teluk Saleh.

Dari kota Sumbawa Besar ke tempat ini hanya berjarak 21 Km. Perjalanan menggunakan perahu bisa ditempuh hingga 2 jam lamanya. Adapun untuk harga tiket masuknya sendiri sebenarnya cukup dengan membayar sewa naik perahu sekitar Rp.50.000,- hingga Rp.70.000,-.

Gili Bola atau Pulau Bedil

Keunikan di Pulau Bedil atau Gili Bola ialah, di sini ditumbuhi oleh banyak pohon kelama. Selain itu, hanya berdiri satu bangunan yakni rumah dari penjaga pulau. Jadi, jika kamu berkunjung ke tempat ini nuansanya seolah berada di pulau pribadi.

Lokasi Pulau Bedil sendiri berada di desa Labu Pade, tepatnya di Kecamatan Utan, Sumbawa. kamu harus menggunakan kendaraan selama 1,5 jam perjalanan dari Sumbawa Besar. Selain itu, juga bisa melewati Laboan Bajo atau Labuan Pade untuk menuju tempat ini.

Sebenarnya, di dalam wisata ini terdapat beberapa pulau kecil (gili) yang ada di sekitarnya, mulai dari Gili Temudong, Gili Keramat dan Gili Panjang. Akan tetapi, tempat yang paling populer di kawasan ini ialah Gili Bola atau Pulau Bedil.

Di tempat menarik ini, kamu bisa memancing ikan dan memasaknya langsung. Jadi, pastikan membawa alat pancing serta peralatan memasak saat pergi sini ya.

Berbicara harga tiket masuk ke Gili Bola sendiri sebenarnya cukup murah. Karena kamu hanya perlu membayar biaya sewa kapal saja seharga Rp.350.000,- per kapal dengan maksimal penumpang 10 orang. Jam operasionalnya buka selama 24 jam.

Liang Bukal

Spot wisata Liang Bukal terletak pada jarak 26 km dari kota Sumbawa Besar. Tempat ini sangat pas dikunjungi ketika musim penghujan, karena kolam alami biasanya sedang pasang. Di sini juga terdapat situs bersejarah bernama “Megalitikum Ai Renung”.

Liang Bukal berlokasi di desa Batu Tering, tepatnya di Kecamatan Moyo Hulu, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Ketika memasuki objek wisata di sini, kamu wajib melewati gua yang panjangnya sekitar 200 meter.

Adanya kuburan batu dan Sarkofagus yang terlihat di beberapa lokasi di sini mampu memberikan nuansa yang mencekam. Namun, bagi yang cukup berani tidak ada salahnya jika pergi ke sini.

Bagi kamu yang penasaran dan tertarik pergi ke Liang Bukal Sumbawa, cukup membayar tiket masuk sebesar Rp.15.000,- saja per orangnya. Untuk jam operasionalnya sendiri buka 24 jam.

Air Terjun Kalela

Air Terjun Kalela terletak di Desa Jereweh, tepatnya di Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat. Sekitar 48km jaraknya dari pelabuhan Poto Tano. Untuk mencapainya, kamu mesti berjalan kaki dengan melewati areal pesawahan yang eksotis.

Selain warna airnya hijau kebiruan, air terjun dengan ketinggian 10 meter ini juga memiliki rongga-rongga pada tebing yang membentuk gua berukuran kecil. Kalian juga bisa mendaki bebatuan sekaligus menembus airnya.

Saat pergi ke sini, jangan lupa membawa serta kamera waterproof agar momen-momen terbaik siap diabadikan. Harga tiket masuk ke Air Terjun Kalela hanya Rp.15.000,- saja. Sedangkan untuk jam operasionalnya sendiri buka selama 24 jam.

Jadi jika kamu main ke Sumbawa, jangan lupa mampir ke 5 spot wisata ini ya! Dengan begitu, liburan menjadi lebih tertantang dan tentunya semakin berkesan. Selain itu, jangan lupa persiapkan uang lebih. Ini karena banyak oleh-oleh khas Sumbawa yang menarik untuk diboyong untuk keluarga di rumah.