7 Rekomendasi Tempat Wisata Provinsi Banten

0 Comments


1. Pulau Dua/Pulau Burung

Pulau Dua atau yang disebut juga Pulau Burung, merupakan salah satu cagar alam seluas 30 hektar yang berlokasi di lepas pantai Banten. Seperti namanya, pulau ini banyak dihuni oleh berbagai jenis burung dalam jumlah besar. Menuju bulan April hingga dengan bulan Agustus, banyak sekali burung dari berbagai benua datang dan berkunjung ke Pulau Burung ini. Setelah musim berlalu, sebagian besar burung tersebut kembali ke tempat asalnya.

2. Masjid Agung Banten

Masjid Agung Banten merupakan sebuah peninggalan sejarah yang sangat penting bagi masyarakat Banten sekarang ini. Dibagun sejak tahun 1569, Masjid Agung Banten memiliki arsitektur bangunan yang sangat kental dengan arsitektur jaman dahulu dan merupakan perpaduan dari berbagai macam budaya yang berbeda, di antaranya budaya Hindu, China, Jawa, dan Eropa. Tidak hanya Masjid saja yang dapat ditemui di lokasi ini, melainkan juga terdapat peninggalan dari kerajaan Islam yang pernah ada di Banten, lengkap dengan makam orang-orang yang telah berjasa dalam pengembangan agama Islam di banten. Selain ramai dikunjungi oleh para penziara dan umat Islam, Masjid Agung Banten ini setiap harinya juga ramai dikunjungi para wisatawan yang tertarik dengan sejarah Islam.

3. Arung Jeram Sungai Ciberang

Sungai Ciberang di Banten ini merupakan salah satu lokasi arung jeram di sekitar Jakarta yang paling saya rekomendasikan untuk kamu yang suka aktivitas extreame. itu dikarenakan kondisi di sepanjang pegunungan yang akan dilalui oleh Sungai Ciberang ini masih sangat asri dan hijau, sehingga perjalanan menuju ke lokasi arung jeram sangatlah menyejukan hati dan juga pikiran. Begitu juga dengan sungainya, pemandangan yang di dapat ketika melakukan pengarungan sangatlah indah. Tetapi, terkadang sungai ini kering, oleh karena itu ,jadi sebelum memesan paket arung jeram Sungai Ciberang, sebaiknya kamu bertanya terlebih dahulu bagaimana kondisi air di Sungai Ciberang. Untuk menuju lokasi arung jeram Sungai Ciberang akan melewati jalan yang terjal dan berliku juga, oleh karena itu jangan menggunakan bus ukuran besar karena perjalanan kamu bisa menjadi sebuah perjalanan yang menakutkan tentunya.

4. Pulau Umang

Pulau Umang ini berlokasi dekat dengan Tanjung Lesung, Banten, sekitar 180 KM dari Jakarta. Pulau Umang merupakan pulau yang memiliki luas sekitar 5 hektar dan di khususkan sebagai tempat wisata yang dikelola oleh pihak swasta. Fasilitas yang dimiliki oleh Pulau Umang ini juga sangat lengkap, mulai dari kolam renang luas, tempat karaoke, sarana olahraga, ruang pertemuan, permainan air, dan lain-lain. Jika kamu berminat untuk berkunjung ke Pulau Umang, jangan lupa membawa tabir surya untuk berjemur hehe.

5. Gunung Krakatau

Gunung Krakatau merupakan gunung berapi aktif yang pernah meletus dengan hebat dan berdampak tidak hanya kepada Indonesia, tetapi hingga juga ke mancanegara. Sekarang ini, Gunung Krakatau adalah salah satu tempat wisata di Banten yang paling disukai pendaki gunung dan menjadi objek utama untuk berfoto. Kegiatan yang favorit dilakukan yaitu mendaki Gunung Krakatau, banyak sekali agen tur yang akan menawarkan paket mendaki Gunung Krakatau mulai dari paket 1 hari, sampai paket 7 hari juga ada loh.

6. Tanjung Lesung

Tanjung Lesung merupakan nama dari sebuah kawasan pantai yang eksklusif dan terawat di ujung barat Pulau Jawa, yaitu sekitar 180 KM dari kota Jakarta. Memiliki pantai yang masih alami dan bersih dengan pasir putihnya Tanjung Lesung merupakan pantai terbaik di Jawa Barat menurut para penikmat alam. Kegiatan yang bisa dilakukan antara lain yaitu bermain pasir, menyelam, bermain olahraga air, memancing, dan juga menginap di villa yang sangat bagus. Apabila anda datang pada musim hujan, berhati-hatilah dikarenakan ombak di Tanjung Lesung cukup besar pada musim hujan. Tanjung Lesung memiliki luas sekitar 1500an hektar dengan fasilitas lengkap dan merupakan tempat wisata di Banten yang harus kamu kunjungi.

7. Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon yang sesuai dengan namanya, berada di ujung barat Pulau Jawa. Kawasan Taman Nasional Ujung Kulon ini tidak hanya mencakup kawasan daratan yang ada di Pulau Jawa saja, melainkan juga termasuk beberapa pulau di sekitar ujung barat Pulau Jawa. Kegiatan utama yang bisa dilakukan di Taman Nasional Ujung Kulon adalah trekking, berkemah, dan melihat alam liar.

Tags: , , ,