8 Destinasi Wisata di NTT ini Masuk dalam “Top in The Word”

0 Comments


Salah satu provinsi di Indonesia yang menyimpan surga dunia adalah Nusa Tenggara Timur. Letak yang berada di Kepulauan Nusa Tenggara ini membuat NTT menjadi pulau yang kaya akan destinasi keren.

Memiliki ciri khas adat istiadat yang unik dengan kesenian yang begitu elegant, serta memiliki hamparan yang begitu luas dan indah, tidak bisa menampik akan keanekargaman hayati yang ada didalamnya.

Banyak lokasi di Pulau Nusa Tenggara Timur yang terbilang menarik untuk dikunjungi.Siapa sangka, jika NTT masuk dalam warisan dunia yang sangat berharga. Hal ini karena terdapat habitat asli dari kadal terbesar di muka bumi yaitu komodo yang masih hidup dan lestari di NTT, Indonesia.

Nah, beberapa daerah di NTT yang memiliki keunikannya sendiri, baik dari segi budaya maupun sisi lanskapnya. Berikut destinasi keren di NTT, salah satunya masuk dalam ‘Top in The Word’.

1. Labuan Bajo

Memiliki pesona alam yang menarik dengan garis pantai yang begitu istimewa, serta panorama yang elok tanpa ada duanya. Tentu membuat Labuan Bajo menjadi tempat liburan yang paling menarik. Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang tidak ingin melewatkan liburan di sini. Yups! Hal ini karena Labuan Bajo menjadi pintu utama untuk bisa sampai ke Taman Nasional Komodo.

Tahukah kamu, bahwa di tahun 2012 lalu Taman Nasional Komodo pernah ditetapkan menjadi New 7 Worders of Nature! Selain dapat melihat kadal raksasa, wisatawan juga disuguhkan dengan pemandangan alam yang begitu indah. Tidak heran banyak sekali yang ingin datang ke Labuhan Bajo untuk bisa menikmati pesona surga dunia.

2. Sumba

Ingin berlibur ke peradapan kuno, mungkin Sumba, Nusa Tenggara Timur bisa menjadi pilihan trevelling-mu. Sumba memiliki pulau yang masih terjaga keliarannya dan penuh dengan misteri. Banyak sekali desa-desa tradisional yang masih hidup sampai saat ini.

Tahukah kamu, Pulau Skull di film ‘King Kong’? Nah, keberadaan pulau ini seakan nyata dan sungguh adanya. Bagaimana tidak. Penampakan dinding-dinding batu bersejarah yang mengelilingi desa-desa yang ada di atas bukit, tepatnya berada di Sumba, NTT. Bahkan, ritual perburuan kepala manusia masih ada sampai saat ini. Kamu bisa menemukan bukti ritual itu dengan banyaknya ‘pohon tengkorak’ yang bisa ditemukan di berbagai desa di Sumba.

Selain kisah misteriusnya, Sumba juga memiliki bukit kapur dan hamparan padang rumput yang begitu memukau. Bagaikan dua sisi mata uang yang berbeda. Tidak heran jika Sumba menjadi tujuan utama para teveler seluruh dunia.

3. Larantuka

Larantuka merupakan ibu kota yang ada di Kebupaten Flores Timur, NTT. Kota kecil yang berada di ujung timur ini dikenal dengan julukan varantikanya Indonesia. Meskipun masih asing di telinga, namun kota ini memiliki banyak destinasi wisata menarik yang dapat dikunjungi, tentunya dengan nuansa yang berbeda dari lainnya.

Mayoritas penduduk lokal beragama Katolik. Selain itu, masyarakat Larantuka hampir keseluruhan mendapat pengaruh kuat dari Portugis. Bisa dilihat dari segi bangunan dan bahasa yang hampir memiliki kesamaan dengan warna Portugis.

Budaya religius di kota ini sangat kental, bisa dilihat dari terkenalnya upacara keagamaan yang dikenal dengan nama Semana Santa. Upacara ini dilakukan dengan mengarak patung Tuan Ma atau Bunda Maria saat waktu Paskah, diikuti umat Katolik.

Selain daya tarik dari segi wisara rohani, Larantuka menawarkan keindahan alam yang begitu menakjubkan yang tidak kalah dengan wisata terkenal di daerah Flores Barat. Jika datang ke kota ini, jangan ketinggalan untuk menikmati cantiknya pantai Asam Satu atau Watan Tobi To’u.

4. Lembata

Mungkin nama pulau ini tidak sefamiliar Flores, atau Pulau Komodo di NTT. Letak yang sangat berdekatan dengan Larantuka dan Alor, tapi hampir tidak terjamah, sehingga bisa dibilang pulau yang masih ‘perawan’. Namun, pulau ini sudah ada masyarakatnya sejak tahun 1965.

Asal kamu tahu! Pulau ini terkepung dengan pantai dan lautan yang begitu cantik dengan hamparan warna biru yang indah. Selain itu, Lembata juga dikelilingi oleh pengunungan yang bisa membuat pemandangan semakin menarik. Tidak heran jika pulau ini terkenal akan pemandangan bahari yang begitu indah. Hal inilah kenapa Festival Bahari Nuhanera digelar di Lembata setiap bulan April atau Mei. Dimana, pada bulan-bulan ini paus biru akan menampakkan dirinya ke permukaan.

5. Alor

Seperti halnya dengan Lemabata, pulau Alor juga memiliki pemandangan bahari yang begitu menarik. Hampir semua pantai di pulau ini memiliki hamparan pasir putih yang begitu lembut. Bahkan ada yang menyatakan bahwa lebutnya seperti susu bubuk.

Selain itu, ada peninggalan histori. Dimana, desa yang berada di pesisir Alor menyimpan Al-Qur’an dengan usia yang sudah tua, bahkan tertua di Asia Tenggara. Katanya, kitab ini terbuat dari kulit kayu dengan usia hampir lebih dari 800 tahun lamanya.

6. Ende

Pulau ini berada di Flores dengan menyimpan keindahan alam yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya yaitu Danau Tiga Warna atau Danau Kalumutu ini memiliki pesona yang begitu mendunia. Hal inilah yang menjadikan danau ini sebagai ikon mata uang 500 rupiah versi lama.

Dengan warna airnya merah, biru , dan putih makanya danau ini disebut dengan danau tiga warna. Konon katanya, danau ini bisa berubah warna. Perubahan warna kata para ahli berdasarkan material yang ada di dasar danau.

Selain Danau Kalimutu, daerah ini juga terkenal akan rumah pengasingan Bapak Ir. Soekarno di masa itu, dari tahun 1934 hingga 1938.

7. Ruteng

Ruteg merupakan kota dataran tinggi yang berada di Flores atau dikenal sebagai puncaknya Flores. Banyak orang yang bilang bahwa kota ini begitu cantik karena tatanan kotanya yang begitu rapih.

Kehidupan di kota ini memiliki ritme yang begitu lamban, lantaran aktivitas kota ini tidak terlalu padat. Kota yang sangat terjaga kerapian dan terawat ini, baik tidak heran jika Ruteng mendapatkan predikat kota yang begitu cantik. Selain destinasi wisata yang bisa dikunjungi, ada juga wisata religi. Hal ini karena ada seribu gereja yang ada di kota ini.

8. Atambua

Kota ini berada di perbatasan antara Indonesia dan Timor Leste dengan segudang potensi wisata yang ada. Meskipun termasuk daerah kering, namun kota ini memiliki panorama yang begitu menakjubkan. Selain itu, banyak orang-orang yang muktietnis yang berkumpul di Atambua.

Banyak sekali pendatang dari Timor, Sabu, Rote, Flores, suku Tionghoa, Ambon, dan pendatang dari suku lainnya. Meskipun demikian tidak pernah sedikitpun ada perselisihan antar suku. Mereka bisa hidup rukun tanpa di warnai dengan keributan.

Gimana, dari 8 destinasi itu mana yang paling menakjukan?

Tags: ,